Assalamualaykum warahmatullahi wa barakatuh...
- Siswa tahu pentingnya membaca al-qur’an dengan tartil sesuai dengan kaidah membaca al-Qur’an dengan menggunakan tajwid.
- Untuk meningkatkan kuwalitas siswa dalam membaca, menulis, menghafal al-qur’an dengan baik dan benar .
- Untuk membantu siswa dalam mempercepat pencapaian Baca, Tulis, Hafalan al-Qur’an.
- Untuk menambah rasa mahabbah ( kecintaan ) kepada al-Qur’an
- Menambah khasanah keilmuan dan pengetahuan tentang relevansi bacaan al-Qut’an .
- Untuk mengetahui tentang siswa/ anak didik sudah bisa membaca al-Qur’an apa belum`
- Membaca Al-qur’an diantara Juz 1 - 30, Penilaian meliputi ,Kefasihan membaca (sesuai dengan ilmu Tajwid ),Ketepatan Tajwid, Kelancaran membaca dan Adab.
- Menulis ayat Al-Qur’an diantara Juz 1-30, Meliputi Ketepatan dalam penulisan huruf dan Kerapian dalam menulis
- Menghafal Al-Quran Juz Amma mulai Surah al-Fatihah sampai aAd-Dduha dengan Penilaian meliputi Kelancaran dalam menghafal dan Ketepatan Tajwid.
RUBRIK PENILAIAN MUNAQOSAH/ UJIAN BTQ
NO |
ASPEK YANG DI NILAI |
CAPAIAN NILAI |
KETERANGAN |
1 |
MEMBACA
AL-QUR’AN |
|
|
A |
Sudah Khatam membaca al-Qur’an 30
Juz dengan lancar, Fasih membaca sesuai dengan Tajwid dan Mahrojul Huruf dengan adab baik |
96-100 |
Amat Baik |
B |
Sudah Khatam membaca al-Qur’an 30
Juz dengan lancar, membaca belum sesuai dengan Tajwid serta masih belum sesuai
dengan Mahrojul Huruf serta adab baik. |
91-95 |
Amat Baik |
C |
Membaca al-Qur’an masih kurang
dari 20 Juz, membaca sudah sesuai dengan Tajwid tapi masih belum sesuai dengan Mahrojul Huruf |
86 – 90 |
Baik |
D |
Membaca al-Qur’an masih kurang
dari 10 Juz, membaca sudah sesuai dengan Tajwid tapi masih belum sesuai dengan Mahrojul Huruf |
76 – 85 |
Cukup |
E |
Membaca Belum sampai
al-Qur’an,membaca belum lancar, belum sesuai dengan Tajwid dan belum sesuai dengan Mahrojul Huruf, adab
kurang baik . |
< 75 |
Kurang (Belum Lulus) |
|
|
|
|
2 |
MENULIS AL-QUR’AN |
|
|
A |
Menulis sudah baik dan benar, Ketepatan
dalam rangkaian penulisan huruf sudah sesuai kaidah-kaidah penulisan huruf
arab, serta sudah rapi dalam menulis ayat-ayat al-Qur’an. |
91 – 100 |
Amat Baik |
B |
Menulis
sudah baik dan benar, Ketepatan dalam rangkaian penulisan huruf sudah sesuai
kaidah-kaidah penulisan huruf arab, tetapi masih belum rapi dalam menulis ayat-ayat al-Qur’an. |
81 - 90 |
Baik |
C |
Menulis
masih ada kesalahan, Ketepatan dalam rangkaian penulisan huruf belum sesuai
kaidah-kaidah penulisan huruf arab, dan
masih belum rapi dalam menulis
ayat-ayat al-Qur’an. |
76 – 80 |
Cukup |
D |
Menulis
masih banyak kesalahan, Ketepatan dalam rangkaian penulisan huruf belum
sesuai kaidah-kaidah penulisan huruf arab, dan masih sangat belum rapi dalam menulis ayat-ayat al-Qur’an. |
< 75 |
Kurang (Belum Lulus) |
|
|
|
|
3 |
HAFALAN |
|
|
A |
Hafal
Juz Amma, lancar dalam menghafal. Sesuai dengan Tajwid dan Mahrojul huruf. |
96 – 100 |
Amat Baik |
B |
Hafal
sampai surat ad-Dhuha, lancar dalam menghafal. Sesuai dengan Tajwid dan
Mahrojul huruf. |
91 – 95 |
Amat Baik |
C |
Hafal
sampai surat at-Takatsur, lancar dalam menghafal. Sesuai dengan Tajwid dan
Mahrojul huruf. |
86 – 90 |
Baik |
D |
Hafal
sampai surat al-Maa’uun, lancar dalam menghafal. Belum sesuai dengan Tajwid
dan Mahrojul huruf. |
76 – 85 |
Cukup |
E |
Baru
hafal surah al-Fatihah,masih belum lancar dalam menghafal. Belum sesuai
dengan Tajwid dan Mahrojul huruf. |
< 75 |
Kurang (Belum Lulus) |
Sekian tulisan ini, semoga bermanfaat.
Wassalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuh....
#BTQ #ujianbtq #munaqasahbtq #bacatulisalquran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar